Yahoo Groups Resmi ditutup, Apakah Masih Bisa Kirim/Terima Email ?

Yahoo Groups Resmi ditutup, Apakah Masih Bisa Kirim Email ?

Enaghana.com – Kabar kurang mengenakkan kembali datang dari salah satu perusahaan yang pernah merajai teknologi dunia, Yahoo. Dari informasi resmi perusahaan, layanan Yahoo Groups dikabarkan akan berhenti beroperasi secara permanen terhitung 15 Desember 2020 mendatang.

Verizon selaku pemilik Yahoo akhirnya memutuskan untuk menutup layanan forum online Yahoo Groups, yang berarti laman resmi mereka yang beralamat di  groups.yahoo.com tak akan bisa diakses secara permanen oleh para penggunanya.

Mengutip pernyataan resmi perusahaan yang dimuat di laman The Register, Rabu (14/10/2020), pihak perusahaan mengatakan “Kami akan menutup website Yahoo Groups pada 15 Desember 2020 dan anggota tidak lagi dapat mengirim atau menerima e-mail (mailing list) dari Yahoo Groups,”

Rencana penutupan yang akan dilakukan oleh pihak perusahaan terhadap layanan Yahoo Groups ini, rupanya menimbulkan kecemasan para pengguna email gratis dari Yahoo.

Pasalnya, banyak pengguna yang khawatir jika ini akan berdampak pada email yang masih tetap setia mereka gunakan hingga saat ini.

Namun, kekhawatiran pengguna itu ditepis oleh perusahaan yang mengatakan jika layanan email dari Yahoo tetap akan beroperasi dan dapat digunakan seperti biasanya.

“Satu-satunya yang dinonaktifkan adalah Yahoo Groups (groups.yahoo.com) dan email yang dikirim dari Yahoo Groups. Layanan email Yahoo Mail akan terus berfungsi secara normal,” tulis Yahoo di laman Yahoo Groups, guna menjawab kekhawatiran para pengguna email di layanan mereka.

Sekedar informasi,  Yahoo Groups sendiri adalah merupakan layanan forum online mirip Reddit, Google Group, dan Group Facebook.

Jadi, layanan pada Yahoo Groups ini berbeda dengan layanan email yang biasa kita gunakan selama ini.

Alasan Perusahaan Menutup Yahoo Groups

Sementara itu, Verizon yang merupakan pemilik baru Yahoo setelah mengakuisiinya pada tahun 2017 lalu mengumumkan penutupan Yahoo Groups dalam sebuah pengmumunan resmi.

Dalam pengumumannya, layanan Yahoo Groups sebagai sebuah forum online terbesar akan berhenti beroperasi dikarenakan popularitasnya kian menurun seiring dengan kehadiran forum online yang lebih baru, seperti Reddit, Google Group, dan Group Facebook.

Yahoo Groups memiliki sejarah panjang dan menjadi salah satu cerita masa lalu yang menyenangkan ketika bermain internet.

Forum online milik Yahoo ini dirilis 19 tahun lalu, tepatnya di tahun 2001 dan akan banyak kenangan indah bagi meereka generasi 90-an yang sudah mulai melek internet saat itu.

“Penurunan pengguna (Yahoo Groups) stabil selama beberapa tahun terakhir,” jelas Verizon, terkait rencana penutupan layanan Yahoo Groups.

Email Yahoo Tetap Aktif

Jadi untuk Anda yang saat ini masih setia menggunakan layanan email gratis dari Yahoo tidak perlu khawatir. Karena penutupan ini hanya untuk layanan forum Yahoo Groups saja, bukan layanan email.

Namun demikian, sangat disarankan untuk tetap memiliki alamat email dari layanan lain semisal Gmail untuk berjaga-jaga siapa tau suatu saat layanan email dari Yahoo ini akan gulung tikar juga.

Editor   : Andra
Penulis : Firdhia Azzahra

Be the first to comment

Leave a Reply