Touring Baksos Gubernur Jabar, Pantau Penanganan Covid-19

Berita Jabar, galuh.id – Touring baksos Gubernur Jabar ke kawasan priangan timur. Hal ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74, bersama rombongan touring Forkopimda adakan bakti sosial.

Rombongan touring tersebut terdiri dari Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, Pangdam III Siliwangi dan Unsur Forkopimda Jabar.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengatakan bahwa pelaksanaan touring dilaksanakan sekaligus Bakti Sosial kepada masyarakat wilayah priangan timur.

Touring Baksos Gubernur Jabar Bagikan Paket Sembako

Selanjutnya, rombongan touring membagikan sembako kepada masyarakat yang dimulai dari Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran.

“Semoga pemberian bermanfaat terutama bagi masyarakat yang terdampak Covid-19,” kata Ridwan Kamil saat penyerahan sembako kepada warga Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Minggu (05/07/2020).

Di sisi lain, Kang Emil juga melakukan pemantauan dalam pengendalian Covid-19 di setiap daerah yang dilewatinya.

Hal selaras diungkapkan Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto di kawasan yang sama.

Menurutnya, di Hari Peringatan Bhayangkara ke-74 ini diharapkan insan Bhayangkara semakin sukses dan dicintai masyarakat.

“Agenda touring baksos Gubernur Jabar dilakukan sekaligus bertamasya bersama keluarga. Serta sebagai salah satu pola keguyuban Forkopimda Jabar,” katanya.

Kemudian, Mayjen TNI Nugroho mengingatkan terkait status level kewaspadaan penanganan Covid-19 di Kabupaten Ciamis yang turun dari zona biru ke kuning.

“Forkopimda di Kabupaten Ciamis segera merapatkan barisan. Jangan hingga ada ego sektoral dalam penangaan Covid-19,” jelasnya.

Sedangkan Ciamis dari segi teritorial berbatasan dengan Jawa Tengah. Oleh karena itu perlu pengawasan di pos pos perbatasan.

“Semoga apa yang dikerjakan menerima hasil. Alhamdulillah, di Jabar nilai reproduksinya sudah dibawah 1 meskipun naik turun. Mari sama-sama membangun lingkungan masing,” terangnya.

Bupati Ciamis Menyambut Baik Rombongan Touring Baksos Gubernur Jabar

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyambut kedatangan rombongan touring Baksos Gubernur Jabar dalam rangka Hari Bhayangkara ke 74.

Dalam sambutannya dia memberikan, selamat tiba dan rasa bahagia dengan kehadiran Gubernur dan Wakil Gubernur beserta Forkopimda Jabar.

“Kebahagian bagi kami. Atas kehadiran Gubernur dan Wakil Gubernur beserta Forkopimda Jabar,” kata Herdiat.

Herdiat melanjutkan, menghadapi era transisi Adaptasi Kebiasaan Baru, 2 minggu yang kemudian Ciamis berada di level biru.

Namun dari hasil penilaian Jabar minggu ini, Ciamis naik ke level kuning bersamaan dengan 8 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

“Ciamis jadi turun ke level kuning. Karena bertambah lagi kasus Covid-19,” ungkap Herdiat.

Update ketika ini masalah terkonfirmasi berjumlah 17 orang, 9 orang diantaranya dinyatakan sembuh. Pasien dalam Pengawasan ada 85 orang, 75 sembuh dan 10 orang masih pengawasan.

Selain itu, Herdiat menandakan, letak Kabupaten Ciamis berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah sehingga banyak Orang Pelaku Perjalanan.

Dari hasil pendataan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terdapat sebanyak 50.324 Orang Pelaku Perjalanan yang masuk ke Ciamis.

“Kami selalu pakai masker. Menerapkan protokol kesehatan. Disiplin melakukan physical distancing di kegiatan keseharian. Itu untuk upaya pencegahan dini dari Covid-19,” ucapnya.

Dia menutup sambutan dengan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah membantu masyarakat Kabupaten Ciamis dalam penanganan dampak Covid-19. (GaluhID/Maulana)