Tips Aman Bertransaksi Online lewat Smartphone

Enaghana.com – Belum berakhirnya pandemi covid-19 membuat banyak masyarakat tetap memilih untuk berbelanja online dalam memenuhi kebutuhan bahan makanan, kebutuhan sehari-hari, dan produk lainnya.

Tetapi sayangnya meningkatnya tren tersebut masih harus dihantui oleh kemungkinan terjadinya tindak kejahatan siber terutama soal pembayaran digital.

– Advertisement –

Apalagi untuk pengguna Android, peluang terbesar cyber attack atau serangan para hackers bisa juga berasal dari aplikasi malware yang terpasang secara tidak diketahui atau tidak disengaja.

Aplikasi ini akan merekam aktivitas pengguna smartphone saat melakukan transaksi keuangan, termasuk password dan PIN mobile banking.

Untuk meminimalisir terjadinya resiko tersebut, pengguna Oppo dapat memanfaatkan fitur yang ada di smartphone-nya yang dapat melindungi data-data saat sedang bertransaksi online, yakni dengan fitur Payment Protection, yang dilengkapi dengan fasilitas Environment Security.

Salah satu perangkat OPPO yang memiliki fitur ini adalah seri A92. Ketika kamu sedang berbelanja online atau melakukan transaksi pembayaran maka Payment Protection ini akan memberikan perlindungan otomatis saat bertransaksi dari smartphone.

Pelindung transaksi pembayaran daring ini akan mendeteksi keamanan sistem, captcha, dan aplikasi e-commerce yang dipakai oleh pengguna. Sebagai contoh, ketika pengguna OPPO A92 membuka aplikasi perbankan di ponselnya, maka fitur ini secara otomatis akan memindai smartphone dari berbagai kemungkinan malware.

Melengkapi fitur Payment Protection, OPPO A92 juga memiliki Secure Keyboard yang akan mencegah adanya perekaman input teks atau angka yang dilakukan oleh malware, sekaligus mencegah pengiriman data melalui koneksi internet.

Dengan fitur ini, pengguna akan aman terhadap berbagai ancaman malware dengan teknik keylogger atau merekam setiap pengetikan tombol keyboard.

Untuk mengetahui aplikasi telah terlindungi, kamu akan melihat pemberitahuan berwarna biru yang berbunyi “Secure Payment” di bagian atas layar. Smartphone kamu akan mengetahui aplikasi yang membutuhkan perlindungan saat pembayaran dan akan diaktifkan secara default.

Untuk memastikan fitur tersebut telah aktif, kamu dapat mengecek dari menu [Settings] > [Security] lalu tap [Payment Protection].

– Advertisement –

Be the first to comment

Leave a Reply