Spotify Sarankan Pengguna Untuk Segera Mengganti Password

Spotify Sarankan Pengguna Segera Mengganti Password Mereka

Enaghana.com – Layanan streming musik online populer Spotify dikabarkan baru saja merilis pemberitahuan kepada penggunanya untuk segera mengganti password pada layanannya.

Seperti melansir dari laman ThreatPost, diketahui ada kemungkinan terdapat celah atau bug pada platform spotify yang mengakibatkan informasi akun pengguna terekspos.

Informasi kredensial pengguna seperti alamat email, nama tampilan yang disukai, kata sandi, jenis kelamin, dan tanggal lahir pada akun pengguna bisa diekspos lewat aplikasi mitra bisnis mereka.

“Kami menangani kehilangan informasi pribadi dengan sangat serius dan mengambil langkah-langkah untuk membantu melindungi Anda dan informasi pribadi Anda,” demikian pernyataan pihak Spotify terkait insiden tersebut.

“Kami telah melakukan penyelidikan internal dan telah menghubungi semua mitra bisnis kami yang mungkin memiliki akses ke informasi akun Anda untuk memastikan bahwa informasi pribadi apa pun yang mungkin secara tidak sengaja diungkapkan kepada mereka telah dihapus.” jelas Spotify lebih lanjut.

Kendati demikian, sejauh ini internal perusahaan sendiri tidak mengungkap secara rinci kerentanan yang dimaksud dan bagaimana data pribadi di akun pengguna bisa terekspos lewat bug atau celah keamanan tersebut.

Sementara itu, Adam Grossberg selaku Juru bicara Spotify, mengatakan jika hanya sebagian kecil pengguna Spotify yang terpengaruh oleh ini kerentanan ini, namun demikian perusahaan tidak menjelaskan secara spesifik berapa jumlah pengguna yang terpengaruh.

Mengingat bahwa Spotify saat ini diakses oleh jutaan pengguna serta memiliki lebih dari 320 juta akun terdaftar, tentu saja yang dimaksud “kecil” oleh juru bicara tersebut tetap terasa besar jumlahnya.

Sekedar informasi, insiden seperti ini bukan pertama kalinnya dialami oleh platform streaming musik asal Swedia ini.

Misalnya pada November lalu, perusahaan juga meminta kepada sejumlah penggunanya untuk mengatur ulang kata sandi atau mengganti password penggunanya, setelah ditemukan bahwa database milik mereka yang berisikan sekitar 300.000 kata sandi yang dicuri oleh peretasan.

Karena itu, jika kalian merupakan salah satu pengguna layanan ini segera ganti password atau kata sandi kalian. Gunakan password yang berbeda dengan akun lain, misal untuk email, sosial media dan akun lain gunakan password yang unik dan tidak sama.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan efek berantai jika ada salah satu akun yang terdampak, maka tidak akan merembet ke akun-akun yang lain.

Be the first to comment

Leave a Reply