Sosialisasi Pendekatan Keluarga Sehat Di Kabupaten Sumedang

Mulai tahun 2016, Kementerian Kesehatan sedang menerapkan pendekatan keluarga untuk mencapai Indonesia yang lebih sehat, di 470 Puskesmas yang tersebar di 9 provinsi dan 64 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Pendekatan keluarga yang dilakukan bergotong-royong bukan barang baru, karena acara perawatan kesehatan masyarakat dan sikap hidup bersih dan sehat di tatanan rumah tangga adalah contoh yang telah dilaksanakan oleh Puskesmas dengan pendekatan ini.

Namun yang baru ialah cakupannya yang mencakup seluruh keluarga yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas. Artinya Puskesmas harus memiliki data kesehatan seluruh keluarga yang menjadi tanggung jawabnya. Data yang menyeluruh ini akan menciptakan intervensi oleh Puskesmas lebih efektif dan efisien.

Setelah beberapa kali dipresentasikan di tingkat nasional, beberapa kawasan tertarik untuk segera melakukan. Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang pada tanggal 20 Oktober 2016 mengundang saya untuk menyajikan acara Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga ini, dihadiri oleh seluruh pimpinan Puskesmas dan staf di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Setelah paparan ihwal konsepnya, di akhir sesi kami serahkan 2 buku seperti di gambar berikut ini:

  1. Pedoman Umum Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga
  2. Petunjuk Teknis Penguatan Manajemen Puskesmas Dengan Pendekatan Keluarga

 

Selain itu telah dikeluarkan pula Permenkes RI No. 39/2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, yang merupakan payung hukum dari program ini.