Rekor Andrea Dovizioso yang Sulit Ditandingi Marquez dan Rossi

Rekor Andrea Dovizioso yang Sulit Ditandingi Marquez dan Rossi

Berita MotoGP: Andrea Dovizioso yang memilih vakum ternyata juga meninggalkan rekor yang sulit untuk dipatahkan bahkan oleh Marc Marquez ataupun Valentino Rossi.

Andrea Dovizioso telah mantap memutuskan vakum dari MotoGP pada 2021 usai memilih berpisah dari Ducati. Sosok Dovizioso sendiri merupakan salah satu pebalap elit di ajang balap MotoGP.

Selama tiga tahun beruntun, ia mampu menjadi runner-up hanya kalah dari Marc Marquez yang menjadi rider paling dominan. Dovizioso sendiri memiliki karier yang panjang di MotoGP. Ia sudah berkiprah selama hampir 19 tahun pada ajang grand prix, tepatnya sejak balapan debut di kelas 125cc pada 2001.

Prestasi tertinggi yang pernah dicatatkan oleh Dovizioso adalah menjadi juara dunia kelas 125cc pada 2004. Sejak saat itu pencapaian terbaik Dovizioso mentok pada posisi runner-up kejuaraan, termasuk ketika kalah dari Marquez pada 2017-2019.

Meski kurang sukses soal urusan gelar juara, Dovizioso ternyata mampu menorehkan rekor yang sulit dipatahkan hingga sekarang. Rider asal Forli ini punya catatan penampilan beruntun terbanyak pada ajang MotoGP.

Ia tercatat tak pernah absen sejak melakoni debut sebagai pebalap reguler pada 2002. Dovizioso tercatat tak pernah melewatkan 326 balapan dalam semua kategori.

Saat berlaga di kelas utama, Dovizioso telah melakoni 229 balapan secara beruntun sejak debut pada GP Qatar 2008 hingga balapan penutup GP Portugal 2020.

Pebalap lain yang mampu menembus rekor 200 penampilan secara beruntun di kelas MotoGP/500cc yakni Alex Barros (GP Brasil 1992- GP Valencia 2007).

Catatan tersebut rupanya bakal sulit untuk dilewati para pebalap top yang masih balapan hingga sekarang seperti Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Rossi pernah menorehkan 171 penampilan beruntun di MootoGP sebelum mengalami cedera patah tulang kaki pada sesi latihan bebas GP Italia 2010.

Kemudian ada Aleix Espargaro dan Marc Marquez yang masing-masing tak pernah absen dalam 143 dan 130 balapan. Aleix Espargaro berpeluang melampaui catatan Rossi mengingat ia memegang kontrak berdurasi dua tahun di Aprilia dengan potensi 40 penampilan tambahan.

Sementara untuk menyamai rekor unik Dovizioso tersebut, konsistensi yang tinggi menjadi tugas utama yang harus dipenuhi. Andaikan setiap musim ada 20 balapan, pebalap baru di MotoGP setidaknya harus terus berlomba selama 11 musim untuk menyaingi rekor Dovizioso.

Artikel Tag: Andrea Dovizioso, Ducati, Valentino Rossi, Marc Marquez

Be the first to comment

Leave a Reply