Puskesmas Jaya Mukti Yang Serba On-Line

Selasa, tanggal 23 Mei 2017 saya berkesempatan mengunjungi Puskesmas Jaya Mukti, Kota Dumai Provinsi Riau. Puskesmas dengan moto: Mitra Masyarakat Menuju Sehat ini telah menerapkan pelayanan dalam gedung Puskesmas yang serba online, telah melaksanakan sistem pelayanan rekam medik elektronik SIKDA Prima terintegrasi dengan P-Care BPJS Kesehatan, yang tertuang dalam Tab-Android. Waktu saya berkunjung kebetulan ada pasien yang baru datang, sehingga sekaligus aku mampu melihat prosesnya yang “paper-less”.

Pasien mendaftar dengan menyerahkan identitas, yang mampu segera ditarik data rekam medisnya sebab sudah terintegrasi dengan NIK dan P-Care BPJS. Setelah data rekam medis ditarik, pasien menerima nomer antri pelayanan. Di ruang pelayanan, dokter memeriksa dan menginput hasil investigasi ke rekam medik elektronik, termasuk hasil laboratorium dan resepnya. Waktu menulis resep, dokter bisa cek melalui tab-androidnya stok obat yang ada, sehingga obat yang diresepkan pasti tersedia. Di ruang obat, petugas sudah tahu obat apa yang harus diberikan sebelum pasiennya ke apotik, sehingga pelayanan mampu lebih cepat.

 

Gambar 1. Pasien datang ke loket pendaftaran, rekam medis elektronik dengan gampang mampu ditarik, proses selanjutnya semua terekam secara ekektronik

Jadwal pelayanan Puskesmas bukan hanya terbatas pada jam kerja, tetapi sejak hari Senin hingga dengan Sabtu buka dari jam 08.00 – 21.00, sedangkan pada hari Minggu atau hari libur, buka dari jam 08.00 – 17.00.

Kondisi Puskesmasnya tampak bersih dan rapi. Wajar jika telah terakreditasi. Modernisasi Puskesmas ini didukung penuh oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Bapak Paisal SKM, MARS.

Gambar 2. Tampak Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Bapak Paisal SKM, MARS, ikut memperlihatkan informasi wacana layanan yang serba elektro ini.

Memang sudah saatnya untuk menerapkan e-health di Indonesia. Meski belum semua wilayah jaringan internetnya lancar, namun penerapan e-health akan sangat menghipnotis kualitas pelayanan kesehatan, yang pada gilirannya terjadi percepatan peningkatan kesehatan masyarakat.

Selamat kepada Puskesmas Jaya Mukti, biar penerapan “paper-less health services” ini bisa menciptakan Puskesmas semakin jaya. Semoga pelayanan luar gedung juga segera dintegrasikan secara elektronika.

Gambar 3. Kepala Puskesmas Jaya Mukti Kota Dumai, Drg. Anneliza Rindhany, menawarkan cindera mata kepada aku.