Puskesmas Cimalaka Sumedang Untuk Indonesia Sehat

Menjadi narasumber Program Indonesia Sehat pada 20 Oktober 2016 dengan Pendekatan Keluarga saya juga menyempatkan diri berkunjung ke Puskesmas Cimalaka Kabupaten Sumedang. Bersama dengan Ibu Retno Ernawati selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang kami juga didampingi oleh Bapak Supriyanto SKM selaku Kepala Puskesmas Cimalaka.

Kondisi Puskesmas yang bersih dan juga tampak aktifitas pasien memakai layanan Puskesmas mengakibatkan Puskesmas ini salah satu yang terpilih untuk proses akreditasi. Wilayah kerja Puskesmas yang mencakup 14 desa, dengan total jumlah posyandu sebanyak 89 posyandu dipandang mencukupi namun ada beberapa aspek yang belum diterapkan secara massive. Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) untuk balita dan posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) idealnya dimiliki sekurang-kurang 1 Posbindu PTM disetiap desa.

Untuk menyongsong bonus demografi 10-15 tahun mendatang diperlukan stimulasi sejak dini perkembangan anak untuk segera diterapkan di semua posyandu. Tentunya hal ini akan meningkatkan rangsangan perkembangan anak. Penetrasi sosialisasi kepada gender pria khususnya para ayah juga dilakukan agar berjalan paralel dengan apa yang diterapkan ke para ibu.