Lembah Pangangonan Indah, Destinasi Wisata Alam Gres Di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Lembah Pangangonan Indah yang terletak di Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis dikala ini tengah menjadi sorotan. Pasalnya di kecamatan ini terdapat beberapa daerah wisata yang indah dan menjadi rekomendasi bagi setiap para pelancong.

Setelah sebelumnya ada Curug Kembar Binuang yang menjadi trending dan viral di media umum. Kini giliran Lembah Pangangonan yang jadi pembicaraan. Apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari Curug Kembar Binuang.

Di tempat wisata gres di Ciamis ini terdapat spot untuk berfoto yang instagramable. Wisata ini tepatnya berada di Dusun Mekarsari RT 023, RW 007, Desa Beber, Kecamatan Cimaragas.

Beberapa spot untuk berfoto yang terbuat dari rangka bambu yang dibentuk sedemikian rupa dengan kreatif. Hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pemandangan Menarik Lembah Pangangonan Indah

Ditambah latar pemandangan hamparan pesawahan dan ajaran sungai yang eksotis. Terdapat pula saung rangon yang unik untuk kawasan beristirahat.

Di Lembah Pangangongan Indah, para pengunjung mampu menikmati keindahan saat Matahari terbenam pada jam petang menuju malam hari. Jika di pagi haricuaca sedang erat, hamparan kabut dan awan mampu anda jumpai di daerah ini.

Team MataNagga tim Explorer wisata Ciamis ini berkesempatan mengunjungi langsung objek wisata Lembah Pangangonan Indah, Minggu (28/06/2020).

“Tiket masuk di sini seikhlasnya, begitu juga dengan parkir juga seikhlasnya,” ujar Ketua Karang Taruna setempat, Miftah Saufa kepada Galuh ID, Minggu (5/7/2020).

Akses Jalan Bisa Menggunakan Roda Dua dan Empat

Akses menuju ke lokasi juga tidak terlalu sulit, kendaraan kecil roda empat mampu diparkirkan di jalan utama. Untuk kendaraan roda dua mampu dibawa masuk ke lokasi objek wisata.

Jarak dari pintu utama ke lokasi hanya sekitar 150 meter. Bagi yang hobi bersepeda juga bisa membawa sepeda andalannya ke tempat ini.

Miftah Saufa Ketua Karang Taruna setempat mengungkapkan, kawasan objek wisata ini memang masih dalam tahap penataan.

“Pembangunan objek wisata Lembah Pangangonan Indah ini merupakan swadaya masyarakat dan karang taruna. Kita bergotong royong dan memanfaatkan potensi yang ada dan berharap kedepannya ada pemberian dari Pemerintah untuk mengembangkan wisata ini,” katanya.

Terpantau pada siang dan sore hari, pengunjung di tempat ini sangat ramai meskipun masih dalam kala pandemi Covid-19. Setiap pengunjung yang datang ke tempat ini wajib mengkuti protokol kesehatan seperti memakai masker.

Pengunjung juga banyak yang tiba dari wilayah Tasikmalaya dan tempat lainnya. Karena kebetulan kawasan ini tidak jauh dan hanya beberapa kilometer berbatasan dengan wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Jangan takut kelaparan bila berkunjung ke kawasan ini, banyak aneka jajanan yang tesedia dengan harga yang tidak terlalu mahal. Terdapat juga kemudahan toilet dan Mushola untuk beribadah.

Tempat wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Jika ingin berkunjung ke daerah ini pastikan cuaca tengah dekat.

Karena jika hujan turun, kontur tanah di lokasi ini akan sangat licin mengingat susukan masuk hingga ke lokasi jalanan masih berlahan tanah. (GaluhID/AR7)