Layanan One Day Service Str Online

Lagi, sebuah langkah terobosan dilakukan oleh MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia) dalam hal penerbitan STR, ialah dengan pro-aktif ke daerah menerapkan “one day service (ODS) STR online”, di lapangan.

Sebagaimana diketahui, pengurusan STR secara online bagi tenaga kesehatan yang berada dibawah koordinasi MTKI dimulai pada tahun 2016. Prosesnya memang dipersingkat, tetapi belum bisa “one day service”, sebab meskipun sudah online, waktu yang dipangkas yakni proses pengusulannya, disaat tenaga kesehatan simpulan menginput data maka data tersebut sudah hingga ke MTKI. Setelah diproses sampai pencetakan, STR tersebut kemudain dikirim ke MTKP (Majelsi Tenaga Kesehatan Provinsi) untuk disalurkan ke yang bersangkutan. Ini membutuhkan waktu yang usang, sebab dari MTKI ke MTKP, dari MTKP ke OP (Organisasi Profesi) kemudian dilanjutkan ke nakes yang bersangkutan.

Gagasan ODS STR online bisa diterapkan dengan cara MTKI turun ke bawah ke institusi daerah nakes berkumpul. Sebagai langkah perdana, pada tanggal 10 Juli 2017 MTKI menerapkan ODS STR online di RS Ortopedi Prof. DR. R. Soeharso, Surakarta pada tanggal 10 Juli 2017.

ODS dibuka oleh Bapak Dr. Safil, Direktur Umum SDM dan Pelatihan RS Ortopedi Solo, dihadiri juga oleh Direksi RS dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Peserta terdiri dari seluruh Nakes di RS Ortopedi Solo, DPD PPNI,  MTKP Jateng dan Ketua OP di daerah.

Gambar 1: Paling kanan Bapak Sulistiono (Kadiv Registrasi MTKI), didampingi Bapak Dir Umum SDM dan Pelatihan RS Ortopedi Solo dan RS Dr. Suraji Tirtonegoro Klaten.

Proses diawali pengantar oleh Dir SDM RSO Solo ihwal pentingmya STR disusul dengan uraian perihal pelaksanaan One Day Service STR yang disampaikan oleh Bapak Sulistiono, Ketua Divisi Registrasi MTKI. Kegiatan berjalan lancar, dan berhasil menerbitan sekitar 500 STR dengan rincian sebagai berikut.

Tabel 1. Hasil ODS STR online di RS Ortopedi Solo

Gambar 2. Sebagian tenaga kesehatan yang eksklusif mendapatkaan STR pada hari itu juga.

 

Gambar 3. Dua staf MTKI (Mas Yudhi dan mas Adi) sedang memproses penerbitan STR secara online dalam waktu sehari.

ODS STR online akan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan STR bagi tenaga kesehatan. Bagi kawasan yang tertarik untuk melaksanakan ODS STR online, silahkan kontak ke MTKI untuk diatur waktu pelaksanaannya.