Kunjungan Prof. Ducksun, M.D, Frcsc Ke Mtki

MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia) pada tanggal 18 Nopember 2016, menerima kunjungan informal Prof. Ducksun, M.D. FRCSC, dari College of Medicine, Korea University, yang juga menjabat sebagai Vice President World Federation for Medical Education. Maksud kunjungan ini yaitu untuk mempelajari keberadaan isnstitusi MTKI yang mengurusi pendaftaran dan peningkatan kualitas 26 jenis tenaga kesehatan di Indonesia yang jumlahnya telah mencapai lebih dari 1 juta orang. Beliau ingin berguru dari Indonesia, dengan mengunjungi dan berdiskusi dengan 2 institusi yaitu KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) dan MTKI. Beliau memberikan bahwa lembaga seperti ini belum ada di Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan cenderung semua kewenangan di tangan pemerintah, tidak didelegasikan ke organisasi profesi.

Selaku Ketua MTKI, aku menyampaikan informasi tentang pembentukan, peran dan fungsi MTKI yang berdiri semenjak tahun 2011, apa yang telah dikerjakan selama ini, termasuk pendaftaran yang sudah secara online dan rencana peningkatan profesionalisme tenaga kesehatan di tahun-tahun selanjutnya.

Hadir dalam diskusi itu, para kepala divisi di MTKI, wakil dari organisasi profesi (Kesehatan lingkungan, Gizi, Bidan, dll) disamping pejabat struktural dan staf di lingkungan Pusat Peningkatan Mutu Badan PPSDM Kesehatan.