Kisah Saudara Kembar yang Akhirnya Bertemu Berkat TikTok Setelah Terpisah Selama 20 Tahun

Kisah Saudara Kembar yang Akhirnya Bertemu Berkat TikTok Setelah Terpisah Selama 20 Tahun

20 puluh tahun lebih terpisah dan hingga akhirnya bertemu kembali dirasa bagaikan mimpi oleh dua orang wanita muda kembar bernama Trena Mustika dan Treni Fitriyana. Keduanya sama-sama berusia 24 tahun, bersaudara kandung. Pertemuan yang terjadi pun diselimuti suasana yang haru.

Uniknya, dua saudara kembar itu dipertemukan oleh aplikasi berbagi video TikTok secara tak sengaja. Berawal dari situlah, keduanya kemudian saling mencari tahu satu sama lain hingga akhirnya yakin bahwa mereka bersaudara dan kembar. Selengkapnya, simak ulasan Enaghana com berikut ini.

Saudara kembar yang sempat diasuh oleh keluarga yang berbeda

Trena dan Treni sempat diasuh oleh dua keluarga yang berbeda [sumber gambar]

Terpisahnya Trena dan Treni berawal dari adanya saran kepada sang ayah, Enceng Dedi, agar memisahkan keduanya agar tidak meninggal. Kedua saudara kembar yang lahir di Ambon itu kemudian diasuh oleh dua pihak yang berbeda, yakni Ustaz Ibrahim asal Garut, Jawa Barat membawa Trena, dan Treni dititipkan kepada pasangan suami istri Misranto-Rani yang berasal dari Malang, Jawa Timur.

Terpisah karena kerusuhan Ambon hingga kehilangan kontak

Dua saudara kembar yang sempat terpisah selama 20 tahun [sumber gambar]

Tahun 1999 menjadi peristiwa kelabu bagi Enceng. Kerusuhan yang terjadi pada saat itu membuat dirinya sebagai transmigran terpaksa pulang kembali ke kampung halamannya di Tasikmalaya. Trena dan Treni juga dibawa oleh kedua orang tua asuh masing-masing ke Garut dan Malang. Enceng sendiri masih bisa menemukan Trena karena sama-sama berada di Jawa Barat. Saat itulah ia kehilangan kontak dengan Treni bersama orang tua asuhnya di Malang.

Sempat dicari oleh sang ayah namun tidak berhasil

Trena dan Treni saat menziarahi makam ibu kandungnya [sumber gambar]

Setelah terpisah dari Treni, Enceng mencoba mencari keberadaan buah hatinya itu di Malang, Jawa Timur. Karena keterbatasan ekonomi, ia gagal menemukan jejak Treni selama 20 tahun terakhir. Trena sendiri telah hidup bersama keluarga besarnya di Tasikmalaya hingga menikah dan memiliki dua orang anak.

Berawal dari Tik Tok hingga saling mencari tau satu sama lain

Trena Mustika, kakak kembar Treni Fitriyana yang baru bisa berhubungan kembali gara-gara unggahan TikTok [sumber gambar]

Pertemuan dua saudara kembar itu berawal dari unggahan video milik Treni di akun TikTok miliknya. Tetangga Trena yang berada di Tasikmalaya menyangka bahwa perempuan di tayangan tersebut adalah dirinya. Merasa bingung karena ia tak pernah mengunggah video tersebut, Trena pun berinisiatif untuk mencari tahu satu sama lain. Dari sana, diketahui jika keduanya ternyata saudara kembar.

Pertemuan mengharukan setelah terpisah selama 20 tahun lamanya

Tangis haru saudara kembar Trena-Treni akhirnya bisa pertama kali bertemu setelah 20 tahun berpisah [sumber gambar]

20 tahun terpisah, kini Trena dan Treni berhasil bertemu. Suasana haru pun menyelimuti momen saat keduanya saling bertatap muka untuk pertama kalinya di Stasiun Tasikmalaya pada Kamis Kamis (22/10/2020). Tak hanya itu, Seluruh anggota keluarga juga ikut datang untuk menyambut sosok Treni yang sempat tak jelas keberadaannya.

BACA JUGA: 40 Tahun Diadopsi Warga Belanda, Pria Ini Akhirnya Temukan Ibu Kandungnya di Indonesia

Setelah dua saudara kembar itu saling bertemu, hal pertama yang dilakukan adalah berziarah ke makam almarhumah ibu dari keduanya di Kelurahan Sukamaju Kaler, Kecamatan Indihiang. Menurut Enceng, sang istri memiliki keyakinan jika Treni masih hidup meski tak lagi bertemu hingga ajal menjemput dirinya. Dan hal tersebut kini menjadi kenyataan. Trena dan Treni kembali bertemu meski telah terpisah 20 tahun lamanya.

Be the first to comment

Leave a Reply