Kenalan Sama Hana Bahagiana yang Suaranya Selalu Menemani Kita Sejak Masih Bocah

Kenalan Sama Hana Bahagiana yang Suaranya Selalu Menemani Kita Sejak Masih Bocah

Kalau di Jepang, para dubber biasanya memiliki diberi waktu khusus untuk live voice acting di panggung, ketemu para fans, bahkan konser. Sayangnya, hal itu nggak berlaku buat para pengisi suara di Indonesia. Bahkan penonton jarang tahu, siapa sih orang-orang yang ngedubbing serial kartun hingga drama asing yang tayang di Indonesia.

Salah satu dubber yang sering banget ambil peran dalam serial-serial kartun hari Minggu di tv adalah Hana Bahagiana. Jika kalian dulu selalu mantengin TV saat libur sekolah, sudah pasti sering mendengar suara merdu ibu satu ini. Siapa dan apa saja sih acara yang pernah di-dubbing sama Bu Hana? Berikut ini ulasannya.

Sering memberikan pelatihan untuk para dubber pemula

Hana Bahagiana [sumber gambar]

Hana Bahagiana merupakan seorang dubber kelahiran 17 Juni 1971. Hana memulai kariernya sebagai dubber sejak masih gadis, tepatnya tahun 1995. Kalau dihitung-hitung, sudah 26 tahun beliau mengisi suara ya. Nggak heran kalau saat ini, Bu Hana juga kerap memberikan pelatihan-pelatihan buat calon calon dubber yang ingin mengikuti jejaknya.

Banyak banget serial kartun terkenal yang beliau dubbing

Hana Bahagiana sudah mengisi suara sejak tahun 1995. Masa di mana stasiun TV masih banyak banget menayangkan serial kartun di hari Minggu. Salah satu serial fenomenal tak terlupakan adalah Ninja Hatori. Dalam kartun tersebut, Hana mengisi suara sebagai Kimimaki. Masih inget dong, siapa Kimimaki? Yoi, si ninja nakal musuhnya Hatori dan Kenichi. Serial terkenal lainnya adalah One Piece, Naruto, Captain Tsubasa, Minky Momo, dan masih banyak lagi.

Pakai suara asli ketika mengisi Naruto

Hana Bahagiana [sumber gambar]

Dalam suatu kesempatan, Hana pernah menjadi bintang tamu di acara bincang-bincang yang dipandu oleh Ivan Gunawan dan Ruben Onsu. Dalam talkshow tersebut, Hana juga menceritakan pengalamannya mengisi suara, termasuk saat ngedubbing Naruto. Menurutnya, saat mengisi suara Naruto, beliau menggunakan suara aslinya—maksudnya tidak menggunakan suara yang dibuat-buat. Karena hal  itu pula, tiap kali beliau mengisi acara workshop di kampus, banyak mahasiswa yang ketawa karena merasa sedang mendengarkan Naruto bicara.

Berawal dari hobi

Hana Bahagiana [sumber gambar]

Menurut Bu Hana sendiri, menjadi dubber adalah profesi yang sangat dicintai. Hal itu tentu saja nggak lepas karena menyulih suara adalah hobinya. Meski mengisi suara berbagai karakter tentu saja nggak mudah. Bu Hana dituntut untuk bisa masuk ke karakter tersebut dan menjiwai karakter. Untuk bisa menyesuaikan karakter, biasanya Bu Hana selalu berlatih vokal dan mengeksplor suara. Bahkan saat pertama kali ngedubbing Kimimaki, beliau sampai batuk-batuk. Wah, jadi dubber ternyata emang nggak semudah kelihatannya ya.

BACA JUGA: Aji Darma Susanto, Pengisi Suara Patrick yang Berjasa Bikin Kita Kenal Banyak Dubber Legendaris

Itulah sedikit ulasan tentang Hana Bahagiana, pemilik suara yang selalu menemani hari libur kita sejak zaman bocah. Hingga saat ini, Bu Hana juga masih aktif di dunia dubbing loh. Nggak cuma di balik layar, beliau juga bisa berkeliling kota karena mendapat undangan untuk jadi pembicara di berbagai kampus. Berkah jadi pengisi suara hits nih.

Be the first to comment

Leave a Reply