Kegunaan VPN yang Jarang Diketahui Oleh Penggunanya

Kegunaan VPN yang Jarang Diketahui Oleh Penggunanya

Enaghana.com – Selama ini, pengguna internet hanya menganggap jika kegunaan dari VPN hanya sebatas untuk membuka blokir situs dewasa saja. Padahal, jika diteliti lebih jauh, manfaat menggunakan aplikasi VPN ini tidak melulu berkonotasi dengan hal negatif tersebut.

Meski demikian, kegunaan atau manfaat positif dari menggunakan VPN ini jarang diketahui oleh penggunanya. Sehingga, opini publik yang terbentuk apabila seseorang menginstall aplikasi VPN di perangkat mereka selalu dikaitkan dengan kebiasaannya membuka situs dewasa.

Nah, untuk membuka wawasan Anda yang mungkin saat ini belum begitu paham dari kegunaan lainnya dari aplikasi VPN ini, tim redaksi Enaghana.com akan membahasnya lebih jauh pada artikel berikut.

Silahkan disimak hingga akhir pembahasan ini.

Apa Itu VPN ?

Sebelum kita membahas apa kegunaan lain dari menggunakan aplikasi VPN akan kita bahas lebih dahulu secara singkat apa itu sebenarnya VPN.

5 Kekurangan Aplikasi VPN Yang Jarang diketahui Orang

Untuk yang belum tahu, VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Dimana secara umum, VPN ini bisa diartikan sebagai jaringan yang membantu seseorang berselancar di internet dengan lebih aman dan private.

Setelah Anda mengetahui secara singkat definisi dari VPN, maka selanjutnya akan kita bahas mengenai sejumlah manfaat dari menggunakan VPN saat mengakses internet yang ternyata manfaat ini jarang sekali di ketahui oleh penggunanya.

Kegunaan Lain Dari VPN

Berikut ini adalah sejumlah manfaat lainnya ketika menggunakan Virtual Private Network (VPN) yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Untuk  Meningkatkan Keamanan Jaringan

Selain fungsi utama yang banyak diketahui oleh pengguna sebagai salah satu aplikasi untuk membantu membuka blokir suatu situs, menggunakan VPN ternyata juga bisa untuk meningkatkan keamanan jaringan internet itu sendiri.

Ketika Anda mengakses Wi-Fi publik misalnya, maka sangat disarankan untuk melapisi keamanan perangkat yang digunakan dengan menggunakan VPN.

Karena ketika Anda mengaktifkan VPN, maka semua data yang dikirimkan akan terenkrispi sehingga lebih aman dari pembobolan password dan akun penting lainnya yang biasanya dilakukan oleh peretas di beberapa spot Wi-Fi publik gratis.

2. Meningkatkan Kecepatan Download

Berikutnya, kegunaan VPN lainnya yang jarang diketahui penggunanya adalah bisa untuk meningkatkan kecepatan internet saat melakukan proses unduh atau download.

Tapi, umumnya untuk bisa menikmati fitur ini hanya tersedia di beberapa aplikasi VPN premium atau yang berbayar.

3. Mengganti Alamat IP Addres

Jika Anda adalah satu satu concern terhadap keamanan internet, maka menggunakan VPN adalah solusi agar kegiatan online yang Anda lakukan bisa lebih aman.

Pasalnya, ketika Anda menggunakan VPN maka secara otomatis alamat IP yang Anda gunakan akan berubah sesuai dengan lokasi yang dipilih.

Sehingga ketika ada oknum penjahat cyber yang berniat untuk melacak lokasi Anda, hal itu bisa tersamarkan berkat IP Addres Anda yang sudah berubah.

4. Otomatis Menghapus Histori Browser

Seperti kita ketahui, karena VPN sifat jaringannya adalah private atau jalur pribadi, maka tidak akan ada orang yang bisa mengakses histori atau riwayat pencarian Anda pada browser yang digunakan.

Tak hanya itu, bahkan disejumlah aplikasi peramban, misalnya opera, ketika pengguna mengaktifkan atau menggunakan VPN saat berselancar,  maka history atau riwayat pencarian tersebut akan secara otomatis akan terhapus ketika Anda keluar dari aplikasi tersebut.

Nah, itulah 4 kegunaan dari menggunakan aplikasi VPN yang jarang diketahui para penggunanya. Selain tentu manfaat utamanya yang diketahui adalah sebagai media untuk membuka situs yang diblokir.

Be the first to comment

Leave a Reply