Inilah Perayaan Mothers Day in Vietnam yang Mengharukan

Mothers Day in Vietnam

Inilah Perayaan Mothers Day in Vietnam yang Mengharukan – Perayaan hari ibu ada di semua kultur kebudayaan, dari kebudayaan yang ada di Barat hingga kebudayaan Asia. Di Vietnam, terdapat kebudayaan merayaka hari ibu dengan nama Mua Vu Lan.

Perayaan hari ibu tersebut berlangsung di bulan ketujuh menurut kalender bulan masyarakat lokal. Di hari tersebut, biasanya keluarga saling berkumpul ke rumah orang tuanya dan berterima kasih kepada mereka, khususnya pada ibu. Di Vietnam, tradisi ini merupaka warisan leluhur yang memiliki makna yang mendalam.

Makna Mua Vu Lan berarti mengingat keluarga yang telah meninggal, baik orang tua atau leluhur menurut bahasa lokal. Di sisi yang lain, Mua Vua Lan juga menjadi tanda dan simbolisasi ucapan terima kasih kepada ibu atas apa yang telah mereka lakukan kepada anak-anak mereka.

Perayaan Hari Ibu di Vietnam

Mothers day in Vietnam biasanya dilakukan di seluruh kota, di Hanoi misalnya, banyak masyarakat yang ada datang ke Pagoda Phuc Khanh untuk berdoa. Secara detail, perayaan ini dilangsungkan di bulan ketujuh kalender bulan pada tanggal 15 dalam bentuk festival.

Festival tersebut juga lebih dikenal sebagai perayaan hari ibu di Vietnam yang terkenal, atau dalam bahasa lokal disebut dengan Trung Nguyen. Di hari tersebut terdapat kepercayaan bahwa jiwa-jiwa yang hilang mencari pengampunan dan kembali ke rumah mereka. Ada banyak kegiatan menarik yang dilakukan di perayaan festival tersebut, diantaranya adalah:

  1. Sebagai festival terbesar kedua di Vietnam, ada banyak kegiatan menarik yang dilakukan oleh masyarakat lokal.
  2. Mengunjungi kuil menjadi hal yang paling banyak dilakukan, mereka juga mengunjungi dan berdoa kepada biksu.
  3. Beberapa masyarakat juga melepaskan butung dan ikan ke habitatnya sebagai bentuk kedekatan dengan alam.
  4. Memberikan hadiah, baik berupa bunga maupun makanan kepada orang tuanya sebagai bentuk ucapan terima kasih.

Cara Merakayan Hari Ibu di Vietnam

Merayakan mothers day in Vietnam dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan ke pagoda atau kuil dengan membawa bunga. Di Vietnam, masyarakat memiliki kepercayaan yang beragam, baik mereka menganut Budha atau tidak, kultur perayaan hari ibu ini tidak memiliki batasan, sebab merupakan tradisi masyarakat.

Ketika mereka datang ke pagoda, mereka akan membawa mawar sebagai ucapan terima kasih kepada orang tua. Jika mereka membawa mawar merah, maka orang tua mereka masih hidup, berbeda jika mereka membawa mawar putih, maka kedua orang tua mereka sudah tiada.

Masyarakat yang memiliki latar belakang yang bebeda tetap akan datang membawa mawar ke pagoda, sebagai bentuk penghargaan kepada orang tua mereka. Generasi anak muda Vietnam yang lebih muda memang sudah kurang dekat dengan tradisi ini, namun mereka tetap memberikan hadiah kepada orang tua mereka.

Hadiah yang bisa Anda berikan salah satunya adalah dengan makanan manis, seperti kue atau jajanan kecil. Makanan yang manis tidak hanya cocok untuk hari ibu saja, melainkan juga di kesempatan lain ketika Anda berkumpul dengan keluarga. Memiliki kue atau kukis dengan kualitas yang baik akan menjadi simbol bahwa Anda menghormati dan menyayangi orang tua Anda.

Itulah perayaan mother day in Vietnam yang menarik dan berbeda dari negara lainnya. Terlepas berbagai perayaan yang ada menyayangi orang tua merupakan kewajiban anak-anak, sebab mereka telah dibesarkan dengan tanpa pamrih oleh orang tua, baik ayah atau ibu.

Be the first to comment

Leave a Reply