Ini Dia Durasi Tarawih Terlama di Indonesia, Selesai Salat Langsung Sahur

Ini Dia Durasi Tarawih Terlama di Indonesia, Selesai Salat Langsung Sahur

Beberapa waktu lalu sempat viral kembali sebuah video Tarawih kilat, yang konon terjadi di Indramayu. Dalam video tersebut, tarawih yang diketahui dilaksanakan sebanyak 23 rakaat itu hanya memakan waktu sekitar 6 menit. Jadi kalau dibuat rata-rata, per dua rakaatnya hanya menghabiskan waktu sekitar 30 detik saja. Wah, nggak heran sih kalau disebut sebagai tarawih kilat.

Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang tarawih kilat, melainkan fenomena kebalikannya yaitu tarawih terlama. Ini ada di Indonesia, tepatnya di Masjid Darussalam, Pondok Pesantren Al Fatah, Magetan. Untuk salat tarawih 20 rakaat dan 3 rakaat salat witir butuh waktu sekitar 8 jam. Wah, kelar langsung sahur banget nih. Biar nggak menduga-duga, mending baca dulu fakta berikut ini.

Tak hanya berdurasi 8 jam tapi juga khatam 30 juz

Kebayang nggak kalau jadi imam salat durasinya 8 jam? Capeknya sih kemungkinan besar diganjar pahala dan surga ya. Nah, di tarawih 8 jam ini ternyata tidak dipimpin oleh satu imam saja melainkan menggunakan imam sebanyak 6 orang. Selain durasinya yang 8 jam, dalam satu kali salat tarawih juga langsung mengkhatamkan 30 juz. Jadi, satu imam membacakan masing-masing 5 juz al-quran. 

Sumber gambar : Freepik

Salat tarawih ini tentunya tidak dilakukan 23 rakaat dalam satu waktu. Maksudnya, karena terdapat 6 imam dan setiap imam membacakan 5 juz al-quran, ketika pergantian imam akan ada waktu istirahat sekitar 15 menit. Jamaah bisa menggunakan waktu tersebut untuk makan dan minum lalu melanjutkan salat tarawih hingga usai.

Sudah dilakukan hampir 10 tahun, ini syarat jadi jamaahnya

Dari berbagai sumber disebutkan kalau tradisi salat tarawih di pondok pesantren ini sudah dilakukan hampir 10 tahun lamanya. Awalnya, para santri memiliki keinginan untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an, kemudian terwujudlah dalam salat tarawih ini. Awalnya, dalam satu kali salat tarawih hanya dibacakan satu juz saja. Tak berhenti disana, di kesempatan berikutnya meningkat menjadi 2, 10 hingga akhirnya 30 juz.

Sumber gambar

Mungkin kamu bertanya, apakah jamaahnya hanya dari santri pondok pesantren ini saja? Untuk tarawih 8 jam ini ada 3 kelompok yang melakukannya. Kelompok pertama adalah khusus ustaz dan warga kampung sekitar. Kelompok lainnya adalah kelompok dari santri. Konon salah satu syarat menjadi jamaah tarawih 8 jam ini adalah mereka yang hafal Al-Qur’an.

Tentang Ponpes Al Fatah, santrinya dari 16 negara

Masjid Darussalam Pondok Pesantren Al Fatah ini lokasi tepatnya ada di desa Temboro, kecamatan Karas, Magetan. Pondok pesantren ini dipimpin oleh KH Umar Fathullah dan KH Ubaidillah Ahror. Dari beberapa sumber, disebutkan kalau jumlah santri di pondok pesantren ini sekitar 17 ribuan. Dan tak hanya dari Indonesia saja, ada juga santri dari luar negeri. Konon sih ada santri dari 16 negara, seperti Malaysia, Singapura, Australia, Somalia sampai Suriname.

Sumber gambar

Wilayah di mana pondok pesantren ini berada yaitu Desa Temboro juga memiliki julukan sebagai Kampung Madinah. Sebab di wilayah seluas 50 hektare ini mayoritas perempuannya mengenakan pakaian warna hitam serta cadar. Nah, di desa ini termasuk lengkap dan unik karena ada mesin ATM hampir semua bank loh.

BACA JUGA: 6 Tips Sholat Tarawih di Masjid di Era Pandemi

Semarak memperingati bulan Ramadan memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya ya dengan salat tarawih 8 jam di Masjid Darussalam di Ponpes Al Fatah Magetan. Dapat pahala, bisa khatam Al-Qur’an juga.

Cek juga: Paket Telkomsel Terbaru dan Termurah

 

Be the first to comment

Leave a Reply