Ingin Keluarga Yang Sehat? Ini Daftar Jadwal Dari Menkes Ri

Memiliki keluarga yang sehat tentunya menjadi dambaan semua keluarga tak pelak lagi juga bagi warga Indonesia. Menyimak kode Ibu Menteri Kesehatan yang selalu menekankan pentingnya paradigma sehat untuk mencapai Indonesia Sehat,media komunikasi menjadi penting sebagai mediator antara program-program kesehatan yang berbasis paradigma sehat dengan semua pemangku kepentingan, baik pejabat, akademisi, petugas lapangan maupun masyarakat.

keluarga sehat indonesia

Visi dan misi presiden adalah TRISAKTI yakni:

  1. Berdaulat di bidang politik
  2. Mandiri di bidang ekonomi dan
  3. Berkepribadian dalam budaya

Untuk mencapai TRISAKTI tersebut ditetapkan 9 acara (nawa cita), yang salah satu cita adalah cita ke 5 yaitu MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP MANUSIA INDONESIA, yang akan dicapai melalui 4 acara ialah:

1. Program Indonesia Pintar

2. Program Indonesia Sehat

3. Program Indonesia Kerja

4. Program Indonesia Sejahtera

Untuk melaksanakan Program Indonesia Sehat, diharapkan pembangunan pada 3 pilar adalah:

  1. Untuk upaya kesehatan perseorangan (UKP) diterapkan acara JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), yang sudah diterapkan sejak tahun 2014 dan telah dibuat pula “road-map” hingga tahun 2019
  2. Untuk upaya kesehatan masyarakat (UKM) diterapkan paradigma sehat yang sangat mengutamakan acara yang bersifat promotif-preventif. Ini didasari kenyataan bahwa mencegah ialah lebih baik dari pada mengobati.
  3. Untuk menopang kedua upaya tersebut (UKP dan UKM), perlu penguatan pelayanan kesehatan, baik dari segi kemudahan kesehatan, peralatan medis dan non-medis sumberdaya manusianya maupun kelengkapan lainnya.