Google Maps Android Sudah Bisa Gunakan Dark Mode

Google Maps Android Sudah Bisa Gunakan Dark Mode

Enaghana.com – Setelah diperkenalkan dan mulai diuji coba pada akhir pada September 2020 lalu, Google akhirnya secara resmi mulai menggulirkan fitur dark mode atau mode gelap pada aplikasi Google Maps untuk perangkat dengan basis sistem operasi Android.

Dengan hadirnya fitur ini, diharapkan sumber daya perangkat dalam hal ini penggunaan daya baterai bisa lebih dihemat ketika mengakses layanan penunjuk arah besutan Google tersebut.

Dimana ketika pengguna mengaktifkan fitur dark mode ini, maka latar belakang peta yang ditampilkan pada layar perangkat akan berubah menjadi berwarna paling gelap, sedangkan untuk gambar jalanan akan ditampilkan dengan warna abu-abu yang sedikit lebih terang.

Sedangkan untuk penunjuk ketarangan seperti teks nama jalan, ikon, dan pin akan tetap bisa terlihat dengan jelas meski latar belakang berubah gelap karena, nantinya teks, pin, dan ikon akan tampil dengana yang lebih cerah.

Ketika digunakan, akan ada tiga warna yang akan ditampilkan sebagai penanda situasi lalu lintas, pada aplikasi Google Maps tersebut.

Untuk tampilan dengan warna merah sebagai informasi untuk situasi kemacetan, kuning menandakan adanya hambatan, dan hijau artinya kondisi jalanan lancar, sama seperti Maps dalam mode yang sebelumnya.

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di Google Maps Android

Seperti yang sudah redaksi kutip dari laman Android Police, untuk menggunakan atau mengaktifkan fitur dark mode di Google Maps Android ini bisa dipilih melalui menu baru bernama “Appearance” yang ada di halaman Settings/pengaturan.

Di sana terdapat tiga opsi tampilan yang ditawarkan, yakni “Always in Light theme (terang)”, “Always in Dark theme (gelap)”, dan “Same as device theme (default)”.

Apabila pengguna memilih opsi “Always in Light theme” maka nantinya aplikasi Google Maps hanya akan menampilkan mode terang saja.

Sementara jika memilih opsi “Always in Dark theme” aplikasi akan ditampilkan dalam mode gelap.

Untuk opsi yang terakhir yaitu “Same as device theme”, maka tampilan Google Maps akan menyesuaikan mode gelap/terang sesuai tema yang digunakan pada ponsel.

Untuk mengaktifkan fitur atau mode gelap ini, pengguna cukup memilih dan mengklik opsi “Always in Dark theme” lalu pilih Save untuk menerapkan mode gelap tersebut.

Maka, secara otomatis, nantinya tampilan Google Maps akan berubah dengan didominasi warna gelap.

Kendati demikian, berdasarkan pantauan redaksi untuk sejumlah pengguna aplikasi Google Maps versi Android yang ada di Indonesia belum mendapat update atau fitur dark mode tersebut.

Kemungkinan, mode gelap ini akan disebarkan secara bertahap. Jadi untuk Anda yang saat ini masih belum menggunakan fitur tersebut, harap bersabar hingga fitur ini tersedia diperangkat yang Anda gunakan.

Be the first to comment

Leave a Reply