Apa Itu Okupasi?

Apakah terapi okupasi itu? Terapi Okupasi ialah pelayanan kesehatan kepada pasien yang mengalami gangguan fisik dan atau mental dengan menerapkan latihan mengerjakan sasaran yang terseleksi (okupasi) untuk meningkatkan kemandirian pasien pada acara kehidupan sehari-hari. Tujuannya yaitu semoga pasien mampu kembali berperan dalam aktivitas keseharian.

Terapi okupasi memperhatikan aset (kemampuan) dan limitasi (keterbatasan) yang dimiliki individu, dengan memperlihatkan kegiatan yang purposeful (bertujuan) dan meaningful (bermakna).

Petugas yang memberikan terapi okupasi ialah Okupasi Terapis, yang jumlahnya di Indonesia masih sangat terbatas, sekitar 1000 orang saja. Mereka tergabung dalam organisasi profesi IOTI (Ikatan Okupasi Terapis Indonesia).

apa itu okupasi

 

Tanggal 22 – 23 Oktober 2016, Pengurus IOTI mengadakan seminar dan pembinaan dengan topik “Membangun fondasi kemandirian acara anak berkebutuhan khusus dengan terapi sensori integrasi”. Bertindak sebagai narasumber antara lain yaitu Dr. Ismet Sp. A(K) dari RSUD Provinsi Riau, Ibu Erayanti Saloka dari Poltekkes Surakarta, Bapak Cahya Buwana, AMd.OT, SKM yang sekaligus sebagai Ketua Umum IOTI dan Bapak Trihono selaku Ketua MTKI.

Sekitar 150 akseptor mengikuti seminar dan pelatihan ini, sebagian besar dari kalangan pendamping anak berkebutuhan khusus.