Anti Kanker, Inilah 9 Manfaat Utama Buah Ceri Atau Kersen

Banyak sebagian dari masyarakat menyebutnya dengan sebutan buah seri, ceri, baleci dalam bahasa madura, talok dan banyak varian kata yang serupa untuk menamakan buah ini. Dengan ukuran yang kecil tekstur berpasir dan mempunyai rasa manis, buah kersen yang sudah matang biasanya berwarna kekuningan atau bahkan merah dan tekstur yang agak lembek saat anda tekan.

Kita mampu dengan mudah menemukan buah ini dipinggiran jalan dan sebagian pekarangan rumah karena selain berfungsi sebagai penghasil buah-buahan pohon ini juga banyak dijadikan sebagai pohon peneduh.

Berikut 9 Manfaat Buah Ceri yang mampu kita dapatkan :

  1. Antibakteri

    Sifat antibakteri buah kersen ini snagat bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan demikian badan kita menjadi lebih kuat dari serangan kuman yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Para peneliti menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

  2. Antioksidan

    Selain antibakteri, buah kersen juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang mampu menjadikan kanker.

  3. Antiseptik

    Rebusan daun kersen mampu membunuh mikroba atau mampu digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti mampu membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, mirip tanin, flavonoid dan saponin.

  4. Anti-inflamasi

    Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

  5. Anti-tumor

    Daun kersen juga dilaporkan memiliki imbas anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

  6. Mengobati asam urat

    Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti mampu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

  7. Melindungi jantung

    Ekstrak daun kersen juga diketahui mampu melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

  8. Kram perut

    Bunga kersen mampu dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.

  9. Anti-kanker

    Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.

Selain, 9 manfaat di atas, buah kersen juga dapat mengatasi aneka macam penyakit, mirip:

manfaat buah ceriMengobati asam urat; menyembuhkan diabetes; meredakan gejala flu; mengatasi kejang atau kaku di bab akses pencernaan akibat gastritis dan diare; menurunkan tekanan darah tinggi; menurunkan kadar kolesterol dalam darah; meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; meredakan sakit kepala; kandungan air pada buah kersen mampu mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar; mencegah dan menyembuhkan batuk.

Tetap jaga kesehatan kita dan keluarga dengan terus mengkonsumsi makanan seimbang dan tetap berolahraga.