10 Negara dengan Jumlah Kapal Selam Paling Banyak di Dunia, Indonesia Salah Satunya?

10 Negara dengan Jumlah Kapal Selam Paling Banyak di Dunia, Indonesia Salah Satunya?

Siapa sangka berawal dari sebuah konsep sederhana di tahun 1578, kapal selam menjadi sebuah armada paling menakutkan hari ini. Tak hanya mampu digunakan sebagai transportasi senyap, ia juga bisa menyerang. Bahkan dengan teknologi terbarunya, kapal ini bisa meluncurkan rudal nuklir. Melihat semua kemampuannya, maka tak heran banyak negara yang ingin memiliki kapal bawah air itu.

Tidak seperti kapal udara atau armada militer lain seperti tank, kapal selam adalah transportasi yang harganya lumayan mahal. Makanya, di dunia ini jumlahnya tidak terlalu banyak. Bahkan negara paling banyak memiliki kapal ini pun mempunyainya dengan jumlah di bawah 100 unit saja. Lalu siapa sih negara-negara di dunia dengan kapal selam paling banyak? Simak ulasan berikut yang datanya dikutip dari Globalfirepower.com. Kira-kira Indonesia masuk nggak ya?

1. Korut, negara pemilik kapal selam terbanyak

Kapal selam Korea Utara [sumber gambar]

Bukan Amerika, Rusia, atau Cina, negara dengan pemilik kapal selam terbanyak ternyata adalah Korea Utara. Jumlahnya sendiri sekitar 83 buah mengacu pada data Globalfirepower.com. Untuk urusan kelautan negara tetangga Korsel ini memang tak bisa diremehkan. Bahkan secara umum, negara ini nomor satu dunia di ranah kekuatan laut. Ngeri!

2. Cina punya bejibun kapal selam

Kapal selam Cina [sumber gambar]

Menyusul di belakang Korut ada Cina yang memiliki sekitar 74 buah. Ternyata tak hanya soal jumlah kapal selam, Cina mengekor Korut sebagai nomor dua paling kuat di laut. Tak mengherankan karena negara ini punya banyak pendukung kekuatan laut selain kapal selam, termasuk di antaranya dua buah kapal induk serta lusinan Korvet hingga Destroyer.

3. Amerika Serikat jadi negara ketiga terbanyak

Kapal selam Amerika Serikat [sumber gambar]

Sebagai negara militer nomor satu dunia tentu AS didukung oleh begitu banyak alutsista termasuk yang ada di laut. Untuk urusan kapal selam negara Paman Sam ini punya 66 buah. Meskipun jadi nomor tiga, tapi AS punya bejibun alutsista lain, termasuk jajaran kapal Induknya yang berjumlah 20 buah itu.

4. Rusia mengekor AS dengan ketat

Kapal selam Rusia [sumber gambar]

Soal militer rasanya kurang pas kalau tidak menyandingkan AS dengan Rusia. Alasannya tak lain karena kedua negara ini bersaing ketat perihal peralatan perang. Termasuk kapal selam, negaranya Putin ini memiliki 62 buah. Hanya selisih dua saja dengan Amerika Serikat.

5. Iran, jadi negara kelima terbanyak kapal selamnya

Kapal selam Iran [sumber gambar]

Iran mungkin negara yang kuat militernya, mengingat mereka ada di urutan ke 14 di dunia. Tapi untuk urusan kapal selam rasa-rasanya tidak demikian. Namun siapa yang menyangka kalau negara satu ini punya cukup banyak koleksi si kapal senyap. Meskipun jumlahnya sendiri sekitar 34 buah.

6. Korsel ternyata punya banyak juga

Kapal selam Korea Selatan [sumber gambar]

Kamu mungkin bertanya-tanya, jika Korut ada di peringkat pertama untuk jumlah kapal selam, kira-kira Korsel urutan berapa? Jawabannya ternyata masih di sepuluh besar. Berada di peringkat ke enam, Korsel punya sekitar 22 kapal selam. Jumlahnya cukup telak dengan Korut yang 80 buah ya.

7. Jepang, punya selusin lebih kapal selam

Kapal selam Jepang [sumber gambar]

Sebagai negara kelautan, Jepang rupanya sangat perhatian dengan alutsista lautnya. Hal ini dibuktikan dengan kapal selam mereka yang berjumlah 20 buah. Tentu tak hanya kapal selam, Jepang juga didukung banyak mainan mereka yang lain. Termasuk kapal induk, di mana mereka punya empat!

8. India diam-diam simpan banyak kapal selam

Kapal selam India [sumber gambar]

Sebagai salah satu negara terkuat di dunia, India juga punya koleksi untuk matra laut mereka. Untuk urusan kapal selam negara ini memiliki sekitar 16 buah. Jumlah ini sebenarnya bisa dibilang kurang banyak mengingat garis laut negara Hindustan ini lumayan luas.

9. Turki juga selusin kapal selam

Kapal selam Turki [sumber gambar]

Negara satu ini tengah disorot kekuatan militernya. Tak hanya soal gesekan dengan Perancis atau Yunani, tapi juga soal Azerbaijan dan Armenia yang tengah ramai. Lalu untuk kapal selam, berapa jumlah yang mereka miliki? Pas selusin alias 12 buah saja.

10. Kolombia ternyata punya banyak kapal selam

Kapal selam Kolombia [sumber gambar]

Mendapati nama Kolombia di daftar ini pasti tidak disangka. Pasalnya secara urutan umum, negara ini ada di rangking 37 dari 138 negara. Tapi nyatanya untuk kapal selam mereka masuk di urutan ke sepuluh dunia dengan 11 kapal selam. Makin tak percaya lagi kalau tahu ternyata negara ini masuk urutan kelima di dunia urusan kekuatan laut. Luar biasa!

BACA JUGA: 10 Negara dengan Jumlah Tentara Paling Banyak di Dunia, Indonesia Masuk?

Indonesia sendiri tidak masuk dalam daftar di atas mengingat jumlah kapal selam yang dimiliki hanya lima buah saja. Kapal selam bagi negara kita tentu penting mengingat Indonesia adalah negara kepulauan di mana alutsista kelautannya harus kuat. Apalagi belakangan muncul gertakan-gertakan di area Laut Cina Selatan yang harusnya membuat kita bisa berbuat lebih banyak.

Be the first to comment

Leave a Reply